Breaking

loading...

Monday 18 December 2017

pilihan niche (topik) blog yang paling banyak dicari


Mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar ke suatu situs mungkin adalah hal yang sulit bagi sebagian banyak orang.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya fenomena tersebut, seperti kurangnya optimasi SEO, artikel yang kurang berkualitas, faktor persaingan yang tinggi, dan salah satu faktor yang menominasi penyebab 'traffic blog yang tak kunjung meningkat' adalah karena topik yang dibahas di blog Anda memang kurang diminati oleh pengguna Internet.

Topik, atau biasa disebut dengan istilah niche di dunia blogging adalah suatu istilah yang dimaksudkan untuk melambangkan topik yang dibahas di suatu situs, seperti berita, olahraga, kesehatan, gaming dan lain sebagainya.

Pada umumnya, orang yang baru memasuki zona menjadi seorang blogger akan membangun situsnya secara asal-asalan, seperti melakukan copy-paste artikel, melakukan pencurian artikel, hingga memenuhi konten blog dengan artikel gado-gado. Jika hal tersebut terjadi, maka besar kemungkinan blog tersebut akan gagal karena tidak konsisten dan tidak memiliki tujuan yang pasti.

Dengan begitu, mendominasi search engine adalah hal yang mustahil untuk dilakukan.

tentang niche blog.jpg

Setiap niche memiliki potensi yang berbeda-beda, ada yang memiliki peluang untuk mendatangkan visitor dalam jumlah yang besar, adapula yang tidak.

Bahkan, pemilihan suatu niche yang diterapkan di suatu blog sering dikaitkan dengan besarnya nilai CPC (Cost per Click) atau bayaran yang diberikan kepada publisher untuk setiap klik yang terjadi pada iklan Google Adsense, yang menjadi salah satu faktor besar-kecilnya penghasilan yang didapat dari suatu blog yang menggantungkan diri dengan memasang iklan Adsense.
Maka dari itu, jika Anda ingin blog yang Anda kelola menjadi sukses mendatangkan pengunjung, paling tidak Anda harus menentukan suatu goal seiring dengan Anda melakukan pengelolaan terhadap situs yang Anda kelola.

Sebagai contoh, 'membuat situs download terbesar', 'membuat situs streaming terbesar', 'membuat situs pelajaran sekolah terbesar', 'membuat situs blogging terbesar' dan lain sebagainya.

Dengan adanya goal-goal tersebut, Anda akan dapat membangun situs yang lebih ter-arah dan secara otomatis Google akan memberikan prioritas lebih terhadap situs Anda di search engine, karena pada dasarnya situs yang berpusat pada satu topik pembahasan lebih mudah mendapatkan pengunjung daripada situs gado-gado.

Sebagai referensi bagi Anda yang merasa kalau topik yang dibahas diblognya kurang menarik dan ingin berganti niche, saya disini akan membagikan beberapa topik blog yang paling sering dicari.

Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Niche "Apa itu?"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung.jpg

Dengan membuat blog dengan niche yang satu ini, Anda hanya perlu membuat artikel-artikel berupa definisi atau pengertian dari istilah yang biasa dicari publik. Anda tidak perlu membuat artikel yang panjang-panjang, karena Anda hanya perlu menuliskan poin poin dari suatu istilah, dan menuliskannya kedalam sebuah artikel yang mudah dicerna oleh pembaca. 

Cukup jelaskan hal yang ingin diketahui audiance, dengan sejelas mungkin, gak pake basa-basi yang tidak diperlukan, karena itulah hal yang diharapkan pengunjung. 

Skala pembahasan niche ini juga cukup luas, jadi Anda memerlukan knowledge lebih jika ingin membuat blog dengan niche ini. 

2. Niche "Daftar Terbaik"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 2.jpg

Niche "daftar terbaik" adalah sebuah niche blog dimana Anda diminta untuk memilah banyak 'hal', memberikan peringkat, dan menuliskan 'hal' tersebut kedalam sebuah daftar atau list terbaik dari kategori artikel yang dibuat. 

Sebagai contoh, 'daftar YouTuber terkaya', 'daftar Blogger terkaya', 'daftar film terbaik', 'daftar anime terbaik', 'daftar aplikasi android terbaik', dan lain sebagainya. 

Artikel pada blog yang menerapkan niche ini biasanya memiliki penulisan yang panjang, karena mereka harus mengulas setiap daftar 'hal' yang mereka masukan kedalam daftar terbaik ini dengan mencantumkan alasan kenapa 'hal' tersebut dimasukan kedalam daftar, serta kelebihan dan kekurangan dari 'hal' tersebut.

Oh iya, niche blog "daftar terbaik" juga menjadi favorit saya dalam pemilihan niche yang paling banyak dicari, karena kemudahan serta tingkat persaingan yang menurut saya tidak terlalu menyulitkan. 

Contohnya, hanya dengan meng-copy paste sinopsis dan menambahkan sedikit ulasan dari suatu film untuk membuat artikel 'daftar film terbaik', hanya dalam kurun waktu 3 bulan artikel yang saya buat dapat menempati posisi pertama di halaman pencari dan artikel ini berhasil mendatangkan ratusan pengunjung per harinya. 

3. Niche "Download Software Bajakan"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 3.jpg

Di Indonesia, software bajakan sudah menjadi primadona bagi mereka yang tidak ingin repot-repot menghabiskan uang yang mereka miliki hanya untuk membeli lisensi dari suatu software. Terutama jika software tersebut dihargai lebih dari ratusan dollar hanya untuk monthly licence, dan bukan lifetime licence.

Tak terkecuali dengan saya, walaupun ini adalah hal yang memalukan, software bajakan sudah akrab dengan kehidupan keseharian saya.

Sekali pengen cari dan download software di Google, kata kunci yang saya ketikan selalu di-injeksikan dengan kata-kata seperti "Crack", "Keygen", "Activator", "Full version (FREE)", dan "Serial Number". 

Nah, diantara semua niche yang saya bahas disini, niche download software bajakan adalah niche yang paling berpotensi untuk mendatangkan pengunjung. Tidak hanya pengunjung lokal, pengunjung luar-pun akan ikut terselip di hasil pencarian dengan bahasa asing, karena keyword yang digunakan tidak jauh berbeda untuk penulisan judul artikel 

(Contoh: judul artikel yang sangat umum untuk artikel download MS. Office 2010 adalah "Download Microsoft Office 2010 32 / 64 bit +Activator". Dengan judul seperti ini, baik pengunjung lokal maupun asing tak akan ragu untuk memasuki situs ini, karena penulisan judul artikel tersebut sesuai dengan apa yang ingin mereka cari.)

Namun sebagai gantinya, karena banyak orang tahu besarnya potensi ini, niche blog download software bajakan kini menjadi niche dengan tingkat persaingan yang tertinggi diantara semua niche blog yang ada. 

Biasanya, blogger pemula akan memilih untuk membuat blog dengan niche yang satu ini, dan jika Anda adalah salah satu diantara mereka, tak mengerankan jika Anda mengalami kesulitan dalam mendapatkan posisi di halaman pencari dan mendapatkan visitor yang mengunjungi situs Anda, karena ekspetasi tak selalu seindah realita.

4. Niche "Kesehatan dan Kecantikan"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 4.jpg

Setiap orang pasti peduli akan kesehatan dan kecantikan (ketampanan untuk pria) mereka, dengan memiliki tubuh yang sehat, orang tersebut akan mendapatkan kemudahan dalam mencari pasangan, setidaknya, jika kamu terlihat menarik, entah itu tampan/cantik, kamu pasti bakal dikejar oleh lawan jenis. 

Kesehatan dan kecantikan adalah hal yang umum, semua orang bisa saja mencari informasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mereka, sehingga peluang pengunjung yang didapat dari niche tentunya tidak dapat diragukan lagi. 

Adapun keyword yang memiliki volume pencarian tinggi dengan niche ini adalah: cara mempercantik wajah, cara memutihkan kulit, cara menghilangkan jerawat, cara membuat tubuh langsing, cara membentuk perut sixpack dan masih banyak lainnya. (Ini adalah sejumlah keyword dengan volume pencarian lebih dari 1000 pencarian untuk setiap keyword per harinya)

Namun jika Anda memang tidak memiliki latar belakang pengetahuan apapun dalam bidang ini, harap jangan coba-coba untuk membuat blog dengan niche yang satu ini, karena nyawa bisa jadi taruhannya. 

5. Niche "E-hate"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 9.PNG

Belakangan ini, blog yang bertujuan untuk menebar kebencian, atau dalam istilah kerennya, e-hate, semakin banyak bertebaran. Tidak hanya itu, hampir semua blog yang memiliki niche ini memiliki traffic yang tinggi, dilihat dari rampingnya alexa rank dari situs-situs tersebut. 

Seperti namanya, tujuan dari blog ini sendiri adalah untuk menebar kebencian. Kebencian yang paling laku disini adalah kebencian yang bertujuan untuk memprovokasi publik dengan mindset yang terlalu dangkal, dan material dari pembuatan artikel ini sendiri biasanya menjadikan pemerintah, seperti Ahok dan Jokowi sebagai topik utama (Setidaknya, pada saat artikel ini dibuat, topik ini selalu memenuhi timeline sosmed saya, baik itu Facebook, Twitter, ataupun LINE)

Hanya dengan memagikan artikel yang Anda miliki di Facebook, akan ada ratusan, bahkan ribuan orang yang membagikan kembali tautan Anda tersebut. Hasilnya, ratusan ribu pengunjung akan mengunjungi situs Anda. 

Adapun beberapa situs yang dikenal dengan kesuksesannya dalam menjalankan niche ini adalah VOA-ISLAMPortalpiyunganKiblat, EraMusimIslamMedia dan masih banyak lainnya. 

Berapa hasil penghasilan mereka? Diprediksi, mereka berhasil menghasilkan puluhan, hingga ratusan juta per bulannya dari Google Adsense. Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan nominal tersebut juga tidak lama, 1 minggu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi goal tersebut, toh sumber lalu lintasnya berasal dari sosmed, dan bukan dari search engine.

Well, sejumlah fakta diatas mungkin dapat menjadi bait yang cukup kuat untuk mengundang Anda agar membuat blog dengan niche yang satu ini. Namun dampak dari pembuatan situs ini dapat mendatangkan kehancuran bagi NKRI, yakni dalam bentuk perpecahan, terutama jika e-hate ini ditujukan kepada pemerintah. Selain itu, jika intel pemerintah berhasil mengenali identitas pemilik situs, bukan tidak mungkin Anda akan dipenjalankan atas tindakan Anda ini. 

6. Niche "How to..."

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 5.jpg

How to, bagaimana cara, atau lebih dikenal dengan istilah tutorial adalah suatu niche blog dimana kita menghadirkan konten berupa tutorial untuk mengerjakan suatu hal.

Dengan niche ini, Anda akan dapat membahas banyak hal, dan tentunya, potensi yang didapat dari pembuatan blog dengan niche ini tidaklah tanggung-tanggung, mengingat ada banyak orang yang tak terhitung jumlahnya memerlukan suatu panduan untuk mengerjakan suatu hal yang sebelumnya tidak pernah mereka lakukan. 

Disini, Anda dapat membagikan pengetahuan apa yang Anda tahu kepada publik, menuliskannya kedalam bentuk artikel, dan datangkan uang dari pengetahuan yang Anda miliki.

7. Niche "Vlog"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 10.jpg

Vlog
 atau video blog adalah suatu blog yang kontennya dipenuhi dengan video, dan bukan artikel atau text seperti blog pada umumnya. 

Berbeda dengan niche niche lain yang saya bagikan disini, biasanya sumber lalu lintas vlog bukan dari organic keyword, melainkan dari sosmed dan direct access (akses langsung menuju situs).

Untuk mendatangkan pengunjung, pemilik situs akan membagikan tautan blog yang berisi video-video menarik yang di-embed dari YouTube, entah itu video yang berasal dari channel YouTube sendiri ataupun channel YouTuber lain. 

Mereka tidak perlu repot-repot membuat artikel yang panjang ataupun menarik, cukup embed video menarik dari YouTube, bagikan tautan blog ke sosmed, dan dengan sendirinya akan ada orang yang membagikan tautan tersebut agar jangkuan audiance yang menonton video di blog tersebut semakin luas, dan dari situlah peluang vlog. 

Dimana semakin menarik video yang dibagikan, semakin besar pula pengunjung yang didapat. 

8. Niche "Adult"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 6.jpg

Konten dewasa, seperti s*x, bok*p, cerita dewasa, j*av dan hal-hal serupa mungkin masih menjadi hal yang tabu di Indonesia. Walaupun begitu, sesuci ataupun sealim apapun orang tersebut, dalam hidupnya mereka pasti pernah memiliki ketertarikan terhadap hal ini, karena pada dasarnya, manusia dilahirkan dengan hawa nafsu terhadap lawan jenis. 

Dan seperti yang Anda tahu, situs dengan konten adult memiliki tempatnya tersendiri bagi orang-orang yang ingin memiliki rasa ingin tahu akan hal-hal m*sum. 

Blog dengan konten dewasa memang berpotensi untuk menggait pengunjung, biasanya situs dengan niche ini dikunjungi oleh pengunjung dengan rentangan usia berkisaran 14-21 tahun, karena pada usia tersebut mereka sedang mengalami puncak dari rasa ingin tahu. 

Namun bagi Anda yang ingin membuat blog dengan topik ini perlu berhati-hati, karena pemerintah bisa saja memblokir situs Anda sewaktu-waktu dengan internet-positif.

9. Niche "Android"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 10.png

Punya Android? Nah, kamu pasti tau kan, dalam mengoperasikan Android itu ada banyak hal yang harus kamu ketahui (terutama jika kamu gaptek), mulai dari panduan seputar tutorial, perkembangan harga gadget, keluaran gadget terbaru hingga aplikasi pendukung smartphone.

Topik pembahasan Android itu luas, banyak hal yang dapat dibahas seputar Android. 

Jika kamu adalah salah satu orang yang maniak terhadap perkembangan gadget, kamu dapat menerapkan niche ini di blog yang kamu kelola.

Peluang yang didapat dari pengembangan blog gadget ini kagak main, mengingat hampir 85% orang di jaman modern ini mempunyai setidaknya satu, atau dua smartphone, dengan banyaknya pengguna smartphone ini, pastinya volume pencarian seputar Android pasti akan meledak.

10. Niche "Komputer"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 11.jpg

Tak jauh berbeda dengan Android, komputer adalah salah satu perangkat yang wajib dimiliki saat ini. Entah itu hanya sekedar untuk main game, mengerjakan tugas sekolah atau justru sudah mengarah ke hal yang lebih penting, seperti bekerja pada suatu hal yang membutuhkan komputer/laptop dalam mempermudah suatu pekerjaan. 

Pokoknya, niche ini sudah pasti banyak dicari orang. 

Cangkupan pembahasannya pun tidak terbatas, dan saya yakin bahwa semua yang kamu ketahui tentang komputer tidak akan dapat memenuhi 5% dari semua hal yang berkaitan dengan komputer, karena saking luasnya knowledge seputar komputer.

11. Niche "Pelajaran Sekolah"

niche yang paling sering dicari banyak dicari orang visitor pengunjung 7.jpg

Terakhir, hal yang paling ngangenin pada masa-masa sekolah saya adalah mencari referensi dari tugas yang diminta guru di Internet dan langsung melakukan copy-paste artikel yang didapat di suatu situs ke MS. Word, print, jidil, dan setor ke guru.

Hampir semua anak sekolahan jaman sekarang menggunakan internet untuk mempermudah pemahaman materi yang diberikan oleh seorang guru guru. 

Bagi mereka yang masih sekolah, tugas adalah hal yang biasa diberikan oleh seorang guru/dosen, entah itu tugas untuk memahami suatu materi, tugas presentasi, tugas kelompok, maupun skripsi. Untuk mengerjakan semua itu, mayoritas pelajar akan mencari referensi dari Internet. 

Niche blog pelajaran sekolah ditargetkan untuk audiance anak sekolahan. 

Jadi, ada satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuat blog dengan niche yang satu ini, dimana Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup luas dalam bidang pendidikan. Karena jika tidak, kualitas konten di situs Anda akan terlihat meragukan. 

Selain itu, pada hari libur, seperti masa libur akhir semester, blog dengan topik ini akan mengalami penurunan pengunjung yang sangat drastis. Jadi, bersiaplah untuk menghadapi suatu momen dimana penghasilan yang Anda dapat dari blog yang Anda kelola mengalami penurunan seiring dengan berkurangnya pengunjung. 

Penutup
Kurang lebih, itulah sejumlah hal yang dapat saya sampaikan terkait topik artikel yang paling banyak dicari di Internet.

Jika Anda merasa bingung atau ragu dengan apa yang saya jelaskan dalam artikel diatas, jika berkenan, silahkan tinggalkan sebuah feedback yang berisi hal yang membuat Anda ragu, dan jika memungkinkan, feedback Anda akan saya jawab secepat yang saya bisa.

No comments:

Post a Comment